Divianews.com | Palembang — Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel berhasil sabet 7 penghargaan dalam ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024 yang diselenggarakan pada Kamis (27/06) di Grand Mercure Solo Baru.

ISRA merupakan sebuah ajang diseminasi pengetahuan dan penghargaan yang diberikan kepada pelaku bisnis berbagai industri atas komitmen dan keberhasilan dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diimplementasikan melalui program Corporate Social Responsibilty (CSR).

Dengan tema yang diangkat pada tahun ini “Confronting Climate Change: Survive to Revive”, ISRA 2024 diharapkan dapat menjadi wadah membangun kolaborasi para pelaku bisnis dalam resolusi untuk mitigasi dan atensi terhadap perubahan iklim yang berkelanjutan.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terpilih dan masuk kedalam passing grade nilai awarding ISRA. Sehingga berhasil menyabet 7 penghargaan untuk kategori Platinum Economic Empowerment, Gold Economic Empowerment, Silver Economic Empowerment, dan Silver Biodiversity Conservation.

Penghargaan yang berhasil diraih Pertamina Sumbagsel dalam kategori Platinum Economic Empowerment diantaranya oleh AFT SMB II dengan Inovasi Sampah Plastik Menjadi Paving Block atau Simpatik Japing Block dan AFT Sultan Thaha dengan Desa Energi Berdikari Lansia Sebaya.

Kemudian kategori Gold Economic Empowerment untuk program IT Panjang dengan Berdikari Melalui Biogas di Kampung Rejo Basuki (BEJO SUKI) dan AFT Depati Amir dengan Ekowisata Kampung Dul.

Kategori ketiga yaitu Silver Economic Empowerment oleh IT Palembang dengan Tanahku Semambu dan FT Jambi dengan Lamperkas Ecovillage: Perwujudan Ekonomi Sirkular Masyarakat Melalui Pertanian dan Peternakan Terintegrasi. Disusul dengan kategori Silver Biodiversity Conservation oleh IT Pangkat balam di Program Kelekak.

Chairwoman of ISRA 2024, Karinandini Zahra Ineza mengatakan bahwa ISRA yang sudah diselenggarakan sejak tahun lalu ini mengalami peningkatan jumlah peserta dan antusiasme baik dari sektor perkebunan, migas, pertambangan, dan sektor industri lainnya.

“Melalui ISRA yang diselenggarakan sejak 2023 diharapkan menjadi ajang diseminasi best practis tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dari pelaku bisnis berbagai sektor industri. Tahun ini, ada peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan dibanding tahun lalu. Artinya, antusiasme tinggi para pelaku bisnis dalam berpartisipasi di ISRA 2024,” kata Karinandhini.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan penghargaan yang diraih oleh Pertamina Sumbagsel merupakan salah satu bentuk bukti komitmen perusahaan dalam menjalankan program CSR yng dimana memberikan pemberdayaan dan solusi inovasi kepada masyarakat atas perubahan iklim yang berkelanjutan.

“Dengan adanya penghargaan ini, menunjukan bahwa kami sangat berkomitmen dengan program-program yang sudah dilaksanakan sekaligus memberikan apresiasi kepada para pelaksana program.  Hal ini menunjukkan bukti nyata bahwa program yang dijalankan membawa dampak positif bagi masyarakat yang berada di lingkungan unit operasi perusahaan,” kata Nikho.

Dengan tercapainya penghargaan-penghargaan ini, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berkomitmen untuk memberikan inovasi terbaik dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan dan mendukung capaian Environmental Social and Corporate Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs). (adi)