Divianews.com | Lahat — Di halaman kantor Sat Pol PP dan Damkar Lahat,Kamis(11/07) di selenggarakan Pembukaan Pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Lahat tahun 2024.

Turut hadir dalam acara ini Pj.Bupati Lahat Muhammad Farid ,Assisten II Muhammad Ikhsan Fadli, para Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat,Camat dan Lurah serta anggota perlindungan dan tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Lahat Heri Kurniawan dalam laporanya menyampaikan maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan diri disiplin dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan sehingga nantinya diharapkan dapat menyelenggarakan ketertiban umum ketentraman dan perlindungan masyarakat di desa dan kelurahan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mematangkan kesiapan anggota satuan perlindungan masyarakat dan desa dalam rangka membantu menyelenggarakan ketentraman ketertiban umum dan linmas dalam skala kewenangan desa dan kelurahan.

Tidak hanya itu juga untuk membantu penanganan ketentraman ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa, kepala daerah dan pemilihan umum. Kemudian membantu dalam penanggulangan dan pencegahan bencana serta kebakaran,membantu keamanan ketentraman dan ketertiban umum di masyarakat, membantu pelaksanaan pembinaan dan pembimbingan kemasyarakatan membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,membantu upaya pertahanan negara serta  membantu pengamanan objek vital dan melaksanakan tugas lain.

“Kami sampaikan bahwa satuan perlindungan masyarakat dan desa ini berjumlah 406 orang yang terdiri dari perwakilan satu orang satu desa dari 360 desa yang diberikan oleh Kepala 17 orang dari 17 kelurahan dan 29 orang dari Satgas Linmas Kabupaten Lahat.”sampainya.

Sementara Pj.Bupati Lahat Muhammad Farid,S.STP.M.Si dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan dengan adanya pembukaan pelatihan satuan perlindungan masyarakat desa dan kelurahan ini diharapkan akan menambah kedamaian dan ketentraman di hati masyarakat Kabupaten Lahat,karena dengan hadirnya satuan perlindungan masyarakat yang ada di Kelurahan dan desa ini akan menambah kesejukan,perdamaian dan ketentraman.

Ditambahkannya dengan adanya satuan perlindungan masyarakat desa dan kelurahan ini akan menambah ketentraman di mana kalaupun terjadi kebakaran satuan perlindungan masyarakat yang langsung bisa berkoordinasi dengan Dinas Damkar karena ada link-nya ada grupnya sehingga permasalahan yang ada di desa maupun Kelurahan dapat teratasi.

“Saya ucapkan terima kasih atas kekompakan dari satuan perlindungan masyarakat di Kabupaten Lahat dan di harapkan nantinya dapat mengikuti bimbingan atau pelatihan ini dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.”ujarnya. (adi)