Mobil Rongsokan Disulap Jadi Kendaraan Operasional TNI

184 views

Tampilan Mobil Sebelum dilakukan modifikasi

Divianews.com | Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo berinovasi memanfaatkan mobil rongsokan menjadi kendaraan multifungsi yang mampu dioperasianalkan dibeberapa tempat untuk memudahkan pergerakan para personil dan perbekalan di medan tertentu.

Kepada Divianews.com Kunto Arief Wibowo menyampaikan, mobil yang digunakan adalah merupakan barang rongsokan, selanjutnya dilakukan persiapan pengerjaan dengan memulai mengumpulkan berbagai peralatan dan jenis yang dibutuhkan, dan bahan pendukung untuk melengkapi kendaraan.

“ Kami memanfaatkan kendaraan yang memang sudah tidak terpakai, semua kelengkapan dipiresiapkan dengan mengkombinasi, sehingga kendaraan dapat dipergunakan dengan akurasi kenyamanan dan tenaga yang kuat untuk kemudian bisa dipakai sebagai kendaraan personil TNI,” urainya.

Mesin Kendaraan

Lebih lanjut ia juga membeberkan perbedaan kendaraan ini setelah di lakukan perubahan style adalah, kendaraan dirancang untuk menguasai medan berlumpur dengan menambah dua roda penggerak dibagaian tengah, roda dibagian tengah diakui mampu memberi fungsi saling membantu saat kondisi mobil kesulitan melintasi daerah berlumpur.

“ Nanti kendaraan setelah lengkap dan selesai dikerjakan, akan dilakukan ujicoba, sehingga dapat diketahui kekurangan, dan akan segera dilengkapi,sehingga pada saat digunakan, kendaraan memang layak dan aman,” ujar Kunto, selasa (06/03/2021).

Sekilas tentang kendaraan

– Kaki-kaki kendaraan di diinstal dan dilakukan penambahan sasis belakang

– Ada penambahan roda belakang sepasang, ada penambahan gardan.

– Ada penambahan dari 4 roda menjadi 6 roda penggerak, serta Custom kaki belakang.

Penampakan Kendaraan Setelah Dilakukan Modifikasi

Bagian Body

– Pintu belakang custom tanpa pilar tengah, persiapan swap engine, menggunakan mitsubisi 120Ps, Gearbox Ori Oz, dibagian bumper depan belakang custom, lampu tengkorak, Tuptop Roope, Ban serap seluruh custom, Snorkale, tambahan dongkarak dan lampu, win.

– Bahan bakar jenis Solar, tangki dinaikan keatas custom.

– Kapasitas tangki 80 liter

– Kendaraan ini juga sudah dilengkapi dengan interior dan penambahan radio militer sebagai alat komunikasi dalam operasi personil. (adi)

 

Bagikan :

Posting Terkait